MENGENAL ISTILAH IPHONE

Posted by ifixup-Solve The Problem Your Device on Wednesday, December 23, 2015 with No comments

 Sangatlah penting bagi pengguna Iphone untuk mengenal istilah istilah dalam iphone, karena dengan mengenal istilah dalam iphone diharapkan pengguna pemula  lebih cepat mengerti dalam pengoperasian iphone(IOS)
iDevice   adalah sebutan untuk perangkat-perangkat mobile buatan Apple yang namanya dimulai dengan huruf “i”. Istilah ini biasa digunakan untuk menyebut iPhone, iPad, atau iPod touch.
Ios  yang dulunya bernama iPhone OS adalah sistem operasi mobile buatan Apple yang dikembangkan untuk perangkat-perangkat mobile Apple seperti iPhone, iPad, iPod touch serta Apple TV.
IPSW  Merupakan format file dari iOS (.ipsw). File IPSW digunakan untuk melakukan restore atau upgrade dari iTunes. Tersedia untuk iPhone, iPad, iPod touch, dan Apple TV dengan ukuran file yang bervariasi.
IPA   adalah sebuah format file untuk aplikasi iOS (.ipa). File IPA adalah file arsip yang terenkripsi dan hanya bisa diinstall ke iDevice melalui iTunes saja.
 Home screen adalah tampilan awal atau halaman yang menampilkan aplikasi-aplikasi yang terinstall atau folder.  Jumlah maksimal dari aplikasi/folder yang bisa ditampilkan adalah 11 halaman saja.SpringBoard
SpringBoard adalah komponen utama yang menampilkan antarmuka dari iOS, seperti Home screen, status bar, ikon, folder, dock, dan notifikasi ikon. SpringBoard seperti halnya GNOME untuk Linux, Explorer untuk Windows, dan Finder untuk Mac. Terkadang SpringBoard disebut juga dengan Home screen.
Tombol Power/Sleep Adalah tombol yang berada pada bagian atas iDevice. Selain berguna untuk menyalakan dan mematikan iDevice, tombol ini juga berfungsi untuk menyalakan layar (wake) dan mematikan atau mengunci layar (sleep).
Tombol Home Tombol yang berada tepat di bawah layar berbentuk lingkaran disebut tombol Home. Gunanya untuk membuka Home screen, menutup aplikasi, menampilkan aplikasi yang baru saja dibuka, dan memanggil Siri.
Status bar Status bar adalah area yang menampilkan informasi tentang keadaan, fitur, atau aktifitas yang sedang berlangsung. Status bar pada iOS berada pada bagian atas dan menampilkan ikon-ikon yang memiliki arti tertentu.
iTunes Sync Menunjukkan bahwa iDevice sedang melakukan sinkronisasi dengan iTunes.
Network activity Menunjukkan adanya aktifitas jaringan internet. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang sedang terhubung ke internet juga menggunakan ikon ini sebagai pertanda adanya aktifitas yang berjalan.
Orientation lock Menujukkan bahwa orientasi layar dari iDevice Anda sedang terkunci. Orientasi layar yang terkunci pada posisi potrait (tegak) tidak akan berubah meskipun dimiringkan (landscape), begitupun sebaliknya.
Location services  Fitur layanan lokasi pada iDevice sedang diaktifkan. Fitur ini memungkinkan aplikasi berbasis lokasi seperti Reminders, Maps, Camera dan lainnya mengumpulkan informasi tentang lokasi Anda berada. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, masuk ke Settings > Privacy > Location Services.
iTunes   Aplikasi untuk mengelola musik dan video dari Apple. iTunes juga berguna sebagai aplikasi desktop untuk mengakses iTunes Store, menginstall aplikasi iOS, serta melakukan backup/restore dan sinkronisasi dengan iDevice.
Apple ID atau akun iTunes adalah identitas atau akun pribadi yang digunakan untuk dapat mengakses layanan-layanan dari Apple seperti iTunes Store, App Store, iCloud, iMessage, FaceTime dan lainnya.
iCloud  Layanan berbasis cloud dari Apple untuk keperluan backup (cloud storage) dan sinkronisasi antar iDevice dan Mac yang tersedia untuk semua pengguna perangkat Apple yang memiliki Apple ID. Apple menyediakan ruang penyimpanan gratis pada iCloud sebesar 5GB untuk setiap pengguna.
Restore adalah proses menginstall iOS pada iDevice. Restore ke iOS versi terbaru atau menaikkan versi iOS disebut dengan update, sedangkan restore ke versi lama atau menurunkan versi disebut downgrade.
Update OTA   (Over-the-Air) adalah proses update yang dilakukan langsung dari iDevice tanpa melalui iTunes. Proses update dengan cara ini lebih cepat dibandingkan melalui iTunes karena file yang didownload lebih kecil, dan hanya yang dibutuhkan saja. Update OTA baru diperkenalkan sejak iOS 5.
Aktivasi Sebuah proses mengaktifkan sebuah iPhone baru atau yang baru saja direstore agar dapat digunakan. Proses aktivasi perlu dilakukan agar iPhone dapat mengenali SIM card yang terpasang.
Locked  Merupakan iPhone yang jaringannya terkunci pada jaringan operator seluler tertentu karena terikat kontrak. iPhone jenis ini hanya bisa digunakan dengan SIM card dari operator seluler asalnya.
Factory Unlocked (FU)   Istilah yang digunakan untuk iPhone yang tidak terikat kontrak terhadap sebuah operator seluler. iPhone jenis ini dijual bebas, bisa menggunakan SIM card dari operator mana saja, tanpa perlu berlangganan dengan pihak operator tertentu
Jailbreak Sebuah proses memodifikasi iOS untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap file sistem iOS atau  Sebuah proses memodifikasi iOS untuk menghilangkan batasan-batasan yang diberikan Apple agar pengguna dapat dengan bebas menginstall aplikasi tidak resmi (pihak ketiga) ke dalam iDevice.
   - Tethered Jailbreak  Tipe jailbreak yang tidak bisa bekerja setelah iDevice direboot. Untuk membuat jailbreaknya kembali bekerja iDevice yang bersifat tethered jailbreak harus dihubungkan ke komputer terlebih dahulu.
   - Untethered Jailbreak  adalah kebalikan dari tethered jailbreak. iDevice Anda bisa dihidupkan dengan normal tanpa harus menghubungkannya ke komputer terlebih dahulu.
   - Semi-tethered Jailbreak  adalah pengembangan dari tethered jailbreak. Ketika iDevice dalam kondisi “semi-tethered”, iDevice akan menyala dengan normal tanpa harus dihubungkan ke komputer, tetapi memiliki fitur terbatas. Misalnya, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Cydia.
Unlock adalah proses untuk membuat iPhone (dan iPad) dapat menerima SIM card dari operator manapun. Proses unlock sendiri dapat dilakukan dengan berbagai metode atau cara, berbasis software (memerlukan jailbreak) maupun hardware.
Recovery Mode  adalah mode di mana sistem operasi (iOS) belum dimuat sama sekali dan hanya bisa diakses melalui iTunes. Mode ini digunakan untuk melakukan restore atau upgrade iOS.
DFU Mode   (Device Firmware Upgrade mode) atau yang disingkat dengan DFU Mode hampir sama dengan Recovery mode, pada kondisi DFU ini iDevice dapat direstore, update, maupun downgrade.
Pwned DFU Mode Hampir sama dengan DFU mode biasa, hanya saja “pwnd” mode ini adalah bentuk khusus dari DFU mode di mana bootrom pada iDevice telah dieksploitasi sehingga iDevice dapat diinstall dengan custom firmware.
Hacktivation  Jika sebuah iPhone tidak dapat melewati proses aktivasi secara resmi, maka perlu dilakukan “hacktivation” untuk membuatnya dapat masuk ke Home screen dan mengakses fitur di dalamnya. Dengan kata lain, hacktivation adalah proses untuk melewati proses aktivasi dengan jalan jailbreak.
Custom firmware  Custom firmware atau custom IPSW adalah istilah yang digunakan untuk menyebut file IPSW yang telah dimodifikasi untuk keperluan tertentu. File IPSW original, yang berasal dari Apple dapat dimodifikasi oleh program khusus (bukan dari Apple) untuk digunakan pada proses restore, update, maupun downgrade.
Baseband  Baseband merupakan sebuah komponen (chip) pada iDevice yang terpisah dengan CPU utama, yang mengelola semua fitur dan fungsi yang berhubungan dengan antena, misalnya penerimaan sinyal, Wi-Fi dan Bluetooth. Chip baseband memiliki RAM tersendiri dan firmware di dalamnya yang sering dikenal dengan “baseband firmware” atau “modem firmware”.
BootROM  atau yang disebut juga dengan “SecureROM” oleh Apple adalah sebuah perangkat keras sederhana atau chip/prosesor yang dijalankan pertama kali pada saat proses booting. Bootrom ini mempunyai perangkat lunak atau firmware di dalamnya dan bersifat read-only.
iBoot  iBoot adalah bootloader tahap kedua yang dijalankan sebelum iOS. Bootloader tahap pertama adalah bootloader dari baseband (baseband dan bootrom memiliki bootloader yang berbeda). iBoot menjalankan apa yang kita kenal sebagai Recovery mode.
Cydia  adalah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda untuk menginstall aplikasi-aplikasi pihak ketiga pada iDevice yang telah dijailbreak. Layaknya App Store, Cydia juga menyediakan aplikasi-aplikasi dan tweaks yang berbayar dan gratis, yang tidak ditemui di App Store.
Package  Package yang berarti paket, adalah bagian/potongan tertentu dari sebuah aplikasi yang bisa diinstall dan dihapus oleh sistem. Istilah package umum digunakan pada sistem operasi berbasis Linux. Cydia adalah contoh aplikasi yang berfungsi sebagai pengelola paket (package management)
Repositori   Repositori atau disingkat repo adalah sebuah lokasi (server) yang menampung paket-paket yang dapat didownload dan diinstall melalui Cydia. Alamat repo adalah alamat web yang terkadang hanya bisa diakses melalui Cydia saja.

Semoga Bermanpaat dan Salam blogger !